Jumat, 09 Mei 2014

Proposal Pengembangan Kepribadian ( PK )



RANCANGAN KEGIATAN LAPANGAN MAHASISWA UTY DALAM MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN

       I.            Anggota Kelompok
1.      Indah Retno Setyaningrum                 (513 0111 228)
2.      Aji Sadewo                                         (513 0111 248)
3.      Rendy Aji Bhaktisiwi Saputro            (513 0111 253)
4.      Sully Haninda Putri                            (513 0111 257)
5.      Niken Anggraeni                                 (513 0111 261)
6.      Yulia Arfiani                                       (513 0111 276)
7.      Histhiorida Br Tarigan                        (513 0111 282)
8.      Ester Kinanti Handayani                    (513 0111 299)
Kelas             : S1 AKUNTANSI D

    II.   Nama Kegiatan
Melakukan Studi Lapangan secara langsung melalui kegiatan mengajar di salah satu TK ABA yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema yang akan kami ambil adalah “ Smart and Fun“.

 III.   Latar Belakang
Keunggulan pribadi adalah berbagai bentuk , jenis , dan bermacam kelebihan yang dimiliki seseorang. Keunggulan pribadi digolongkan menjadi 2 (dua) macam yaitu keunggulan pribadi dari lahir dan keunggulan pribadi dari usaha ( pengembangan diri ). Untuk melakukan pengembangan diri tersebut setiap individu harus memiliki kemampuan-kemampuan yang mendukung, salah satu kemampuan tersebut dinamakan Interpersonal Skill atau kemampuan diri yang berkaitan dengan orang lain ( bersosialisasi atau terjun langsung ke dalam masyarakat).
            Dalam kaitan dengan materi pengembangan kepribadian , kami mendapatkan tugas untuk melakukan kegiatan lapangan mahasiswa yaitu terjun langsung ke dalam masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep Interpersonal Skill. Untuk memenuhi tugas tersebut kami memilih untuk mengajar di salah satu TK ABA di DIY yaitu TK ABA Ponggalan.

 IV.     Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan yang akan kami lakukan adalah :
1.      Untuk memenuhi tugas kuliah pengembangan kepribadian di Universitas Teknologi Yogyakarta.
2.      Mengembangkan kemampuan Interpersonal Skill bagi para mahasiswa.
3.      Menumbuhkan semangat belajar bagi anak-anak TK dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
4.      Menambah pengalaman baru dengan mengajar anak-anak TK.

    V.    Manfaat Kegiatan
Manfaat dari kegiatan yang kami lakukan adalah :
1.      Meningkatkan kemampuan Interpersonal Skill untuk para mahasiswa.
2.      Menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama .
3.      Ikut berpartisispasi dalam proses mendidik anak-anak bangsa.

 VI.    Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan yang akan kami pilih adalah anak-anak TK di salah satu TK ABA yang ada di Yogyakarta. TK ABA tersebut beralamatkan di Ponggalan UH VII /     .Jumlah murid yang akan kami didik adalah      murid. Kami memilih TK ABA tersebut karena jarak yang tidak terlalu jauh dari Kampus F-ITB dan sebelumnya kami sudah mendapatkan izin dari kepala TK ABA Ponggalan yaitu Ibu Ambar.

VII.  Prosedur Pelaksanaan Kegiatan
Hari , Tanggal : Selasa , 25 Februari 2014
 Tempat           : TK ABA Ponggalan UH VII RT  20, RW 7 Kelurahan Giwangan
 Waktu             : 08.00 – 09.30


VIII Kesimpulan
·   Kami dapat lebih memahami bagaimana susahnya seorang guru mengajar murid-muridnya terutama yang masih Balita.
·         Dapat mengajarkan kami , bagaimana seharusnya kami bersikap kepada anak-anak.
·         Dapat membuat kami lebih peka terhadap lingkungan sekitar.
·         Meningkatkan interpersonal skill masing-masing anggota kelompok kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Photos

Powered By Blogger